Karantina Pertanian Surabaya Gelar Bimbingan Teknis Akselerasi Ekspor Tanaman Hias

Hery SusenoBerita

Kediri – Dihadiri oleh 100 peserta yang berasal dari penyuluh pertanian lapangan, petani, eksportir dan akademisi, Karantina Pertanian Surabaya sukses menggelar bimbingan teknis (Bimtek) akselerasi ekspor tanaman hias di Kediri (19/10).

Tujuan pelaksanaan bimtek adalah untuk meningkatkan potensi dan produktivitas komoditas pertanian serta meningkatkan minat dan kemampuan ekspor tanaman hias di Kabupaten Kediri.

Budidaya dan prosedur ekspor tanaman hias menjadi topik utama yang disampaikan narasumber kepada peserta bimtek. Narasumber yang dihadirkan berasal dari Universitas Islam Kadiri – Kediri dan Karantina Pertanian Surabaya.

Kepala Karantina Pertanian Surabaya, Cicik Sri Sukarsih yang hadir dan membuka kegiatan ini berharap agar setelah pelaksanaan bimtek ini dapat menumbuhkan minat ekspor petani tanaman hias di Kabupaten Kediri, menambah pendapatan ekonomi, dan meningkatkan devisa negara.

“Syukur Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar serta mendapatkan tanggapan positif dari peserta yang hadir untuk turut berperan dalam program Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian yaitu meningkatkan Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor atau Gratieks”, imbuh Cicik.

“Karantina Pertanian Surabaya juga menyediakan klinik ekspor bagi petani, eksportir dan UMKM baru maupun yang telah berjalan sebagai rujukan pelayanan informasi ekspor baik komoditas tumbuhan maupun hewan. Pintu kami terbuka lebar dan akan kami dampingi dengan berkoordinasi bersama Dinas Pertanian dan Peternakan setempat,” pungkas Cicik.

#Gratieks

#KarantinaPertanianSurabaya

Share