Rek Ayo Rek, Sabet Penghargaan di Hari Karantina Pertanian Tahun 2022

Hery SusenoBerita

Surabaya – Olah gerak kreasi dengan menggunakan musik dan lagu khas Jawa Timur, Rek Ayo Rek berhasil meraih penghargaan terbaik senam kreasi pada perlombaan Barantan Cup dalam rangka peringatan Hari Karantina Pertanian ke 145 tahun 2022.

Lomba yang ditujukan untuk turut melestarikan seni dan budaya tanah air sekaligus menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga ini, diikuti oleh seluruh ASN lingkup Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian.

“Alhamdulilah, kami sangat bangga lagu dan musik khas Jawa Timur juga disukai masyarakat, ” kata Cicik Sri Sukarsih, Kepala Karantina Pertanian Surabaya melalui keterangan persnya, Kamis (20/10)

Menurut Cicik, jajarannya telah menggelar serangkaian kegiatan di Kantor Karantina Pertanian Surabaya sejak awal bulan Oktober (4-7/10). Serangkaian kegiatan untuk menyemarakan gaung hari jadi karantina ini sebagai media sosialisasi kepada masyarakat sekaligus untuk menguatkan jiwa korsa pada seluruh pegawai karantina Surabaya.

Rangkaian peringatan HKP ke-145 lingkup Karantina Pertanian Surabaya diawali dengan kegiatan vaksinasi gratis, pemeriksaan dan pengobatan hewan, serta talkshow yang bertepatan dengan peringatan Hari Rabies Sedunia. Karantina Pertanian Surabaya menyediakan 100 dosis vaksin rabies secara gratis.

Tidak hanya itu, Karantina Pertanian Surabaya juga menggelar kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI wilayah Sidoarjo dengan tema “Donorkan Darahmu dan Beri Harapan kepada Orang Lain”.

Cicik menambahkan, Karantina Pertanian Surabaya juga menggelar jalan sehat, bazaar murah dengan peserta 20 stand, pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian santunan kepada non ASN lingkup Karantina Pertanian Surabaya, pelepasan purnabakti, penyerahan bibit tanaman sekaligus penanaman di area rumah ibadah, sosialisasi karantina dan pembagian hadiah.

“Kita memiliki peran dalam mencegah masuk, keluar dan tersebarnya hama penyakit hewan dan tumbuhan. Bersama masyarakat kami akan bertugas secara profesional dan penuh integritas sesuai dengan peraturan perundangan,” ujarnya.

Sebagai informasi, ditingkat nasional, sebagai acara puncak digelar upacara Hari Karantina Pertanian dengan inspektur Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo, red) pada Selasa, 18 Oktober 2022. Dari serangkaian lomba yang digelar kantor pusat Barantan, selain dapat meraih penghargaan terbaik pada lomba senam kreasi, Karantina Pertanian Surabaya juga raih beberapa penghargaan yakni : lomba video masak menu khas daerah Dharma Wanita Persatuan, video #TriviaYoutube dan video #TriviaFacebook. Selain itu Karantina Surabaya juga juara tiga untuk lomba video #LaporKarantina dan juara 2 lomba e-sport MLBB serta menjadi bagian juara umum lomba cabang olahraga wilayah Jawa Bali.

“Semoga ini menjadi pelecut semangat dan membuktikan kepada Indonesia bahwa Karantina Pertanian Surabaya mampu menjadi yang terbaik,” pungkasnya.

Share